Essence of Biology (Ruang Lingkup Biologi)

Posted: June 29, 2011 in Uncategorized

 

BIOLOGI DAN PERANANNYA BAGI KEHIDUPAN

RUANG LINGKUP BIOLOGI

CIRI – CIRI ILMU :

1. Memiliki objek kajian

Biologi kajiannnya adalah makhluk hidup dan makhluk yang pernah hidup (fosil)

2. Memiliki metode

Biologi menggunakan metode ilmiah

3. Bersifat sistematis

Biologi ex. mempelajari sel – jaringan – organ – sistem organ – individu – …

4. Bersifat universal

Biologi ex. Mempelajari Reproduksi _ yang berlaku bagi semua makhluk hidup

5. Bersifat objektif

Biologi selalu bersikap jujur dan apa adanya

6. Bersifat analitis

Biologi memiliki cabang ex. Zoologi (hewan), Botani (tumbuhan), Ekologi (lingkungan), etc

7. Bersifat verifikatif

Biologi akan menghasilkan kebenaran manusia_kebenaran ilmiah

RUANG LINGKUP BIOLOGI :

1. Tingkat molekul

~ jenis biomolekul : protein, karbohidrat, lemak, as. nukleat, vitamin

2. Tingkat sel

~ jenis sel, macam organella penyusun sel (inti sel, mitokondria, etc)

3. Tingkat jaringan

~ macam jaringan (jar. ikat, jar. epitel), komponen penyusun

4. Tingkat organ

~ asal usul organ, jenis organ (mata, telinga, tangan, kaki, etc)

5. Tingkat sistem organ

~ macam sistem (pencernaan, pernapasan, etc)

6. Tingkat individu

~ jenis-jenis organisme, kedudukan secara Taksonomi

7. Tingkat populasi

~ perkembangan populasi, angka kematian/kelahiran

8. Tingkat ekosistem

~ jenis ekosistem, komponen biotik abiotik

9. Tingkat bioma

~ macam-macam bioma, ciri-ciri iklim (curah hujan, kelembapan, etc)

CABANG – CABANG BIOLOGI

1. ZOOLOGI, ilmu yang mempelajari hewan

2. BOTANI, ilmu yang mempelajari tumbuhan

3. EKOLOGI, ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik makhluk hidup dan lingkungan

4. FISIOLOGI, ilmu yang mempelajari faal/fungsi kerja tubuh

5. ANATOMI, ilmu yang mempelajari bagian-bagian tubuh

6. GENETIKA, ilmu yang mempelajari pewarisan sifat

7. MIKROBIOLOGI, ilmu yang mempelajari mikroorganisme

8. BAKTERIOLOGI, ilmu yang mempelajari bakteri

9. MIKOLOGI, ilmu yang mempelajari jamur

10. EVOLUSI, ilmu yang mempelajari perbahan MH secara bertahap yang berlangsung lama

11. BIOLOGI MOLEKULER, ilmu yang mempelajari tingkat molekul

12. TAKSONOMI, ilmu yang mempelajari sistematika MH

13. IKHTIOLOGI, ilmu yang mempelajari ikan

14. MALAKOLOGI, ilmu yang mempelajari moluska

15. KARSINOLOGI, ilmu yang mempelajari krustase (udang-udangan)

16. ORNITOLOGI, ilmu yang mempelajari burung

17. ENTOMOLOGI, ilmu yang mempelajari serangga

18. PROTOZOOLOGI, ilmu yang mempelajari protozoa

19. ALGOLOGI, ilmu yang mempelajari alga/ganggang

20. LIMNOLOGI, ilmu yang mempelajari rawa

21. EMBRIOLOGI, ilmu yang mempelajari perkembangan embrio

22. PATOLOGI, ilmu yang mempelajari penyakit

23. ENDOKRINOLOGI, ilmu yang mempelajari hormon

24. SITOLOGI, ilmu yang mempelajari sel

25. HISTOLOGI, ilmu yang mempelajari jaringan

26. ORGANOLOGI, ilmu yang mempelajari organ

27. VIROLOGI, ilmu yang mempelajari virus

ETC.

MANFAAT DAN BAHAYA MEMPELAJARI BIOLOGI

1. Memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang dirinya sendiri, sehingga dapat digunakan sebagai dasar meningkatkan kualitas hidup

2. Memiliki pengetahuan untuk pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi pemenuhan manusia secara optimal

3. Memiliki pengetahuan untuk melakukan diversifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati

4. Memilki pengetahuan untuk melakukan konservasi atau pelestarian sumber daya alam hayati agar tidak punah

BAHAYA BIOLOGI

~ melalui teknologi rekayasa genetika, dapat dibuat berbagai jenis organisme dengan sifat” unggul. Jika teknologi ini disalahgunakan, mungkin saja dihasilkan jenis” organisme yang unggul tapi berbahaya. Jika ini terjadi, berarti tujuan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia tidak akan tercapai, tetapi justru menyengsarakan.

Untuk menghindari penyimpangan atau penyalahgunaan teknologi, khususnya dalam bidang biologi, telah ada rambu” atau etika yang harus diperhatikan oleh para ilmuwan, yang disebut “bioetika”

Comments
  1. Albert X.1 says:

    Selamat Malam Pak
    salam sejahtera

    Pak apakah benar ini materi pembelajaran kelas X.1 ?

  2. Pandu X.2 says:

    tadi di dasbor nya kok gak keliatan nya ? apa di hiden ya,saya tidak tau

  3. Dewa X1 says:

    permisi pak, ijin Ctrl+D dulu hhehe..

  4. Melindah X2 says:

    assalamu’alaikum, pak….
    pak, yang masalah tezt kartu itu khan kita buat 25 dlu, terus nanti khan nambah lagi….
    nach itu kan nanti bisa smpai 70.an kartu,,,
    nach itu yang 25 kartu awal termasuk di 70 kartu itu apa gak pak????
    trima kasih, maaf pak. saya banyak nanya,,
    hehehe🙂

  5. Karin IA 1 says:

    pak,, bwt kelas XI ipa 1 gk ada tugas kan ya??
    materinya kok buanyak bnget pak??

  6. Pandu X.2 says:

    good afternoon mr tauffan . . .
    pak taufan , tugas untuk kelas X.2 yg disuruh mencari alat teknologi biologi itu apakah alat2 nya harus yg di LKS ?? apa boleh alat yg lain ?

  7. kikik says:

    iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  8. rahmania X.5 says:

    assalamualaikum wr.wb.
    pak, maaf mau tanya : materi biologi untuk kelas X smestr I apa tdk ada penjabarannya dalam setiap bab ??? hnya point-pointnya sja …
    wassalamualaikum wr.wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s